Ternyata Inilah Sosok Pebasket Yang Sering Dijadikan Meme

584 Views

Pasti kita semua tau dengan olahraga yang satu ini, yakni olahraga bola basket. Olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang berisi 5 orang setiap regu ini sangat cocok jika mainnya di ruangan yang tertutup. Selain itu permainan yang berasal dari Amerika Serikat ini ternyata sudah ada sejak tahun 1891 yang diciptakan oleh Dr. James Naismith.

Sebagai olahraga yang berasal dari Amerika Serikat, tak khayal jika seluruh warga negara tersebut menyukai olahraga ini. Bahkan tak hanya orang Amerika Serikat saja yang menyukainya. Diberbagai belahan negara yang ada di dunia ini juga banyak yang memfavoritkan olahraga basket. Antara lain di Amerika Selatan, Eropa Selatan, Lithuania dan juga di Indonesia. Banyak kompetisi bola basket yang diselenggarakan setiap tahun, seperti British Basketball League (BBL) di Inggris, National Basketball Association (NBA) di Amerika dan Indonesia Basketball League (IBL) di Indonesia. Namun NBA lah yang paling populer diantara yang lainnya.

Sebagai kompetisi bola basket yang paling populer di dunia, ternyata NBA sudah diselenggarakan pertama kali pada 1946 di negara Amerika Serikat. Ada puluhan tim basket yang bergabung dalam NBA dan yang terbagi dalam beberapa wilayah barat dan wilayah timur.

Nah bicara soal NBA, pasti tak terlepas dari para pemain-pemainnya. Mulai dari Michael Jordan yang populer dan bahkan sangat berpengaruh dalam bidang olahraga. Akan tetapi pemain NBA yang populer nggak cuma Michael Jordan doang lho! Mungkin kalian akan sangat mengenal sosok yang satu ini.

Nah, lho kira-kira sering ngeliat pria ini dimana kalian? Hahaha. Pria yang sering dijadikan meme ini pasti banyak yang tau. Bahkan ada yang tau foto ini namun nggak tau dia sebenarnya siapa. Ekspresinya yang unik membuat pemain basket yang memiliki tinggi 229 cm ini sering dijadikan sebagai bahan candaan didunia maya. bahkan meme-meme foto dirinya banyak beredar dijagat maya.

Ternyata orang yang sering jadi meme ini adalah pemain NBA lho guys. Ia adalah Yao Ming, pria yang lahir di Shanghai, Tiongkok, 12 September 1980 umur 37 tahun. Dirinya juga menjadi pemain NBA pertama yang berasal dari Tiongkok. Lelaki yang sering di jadikan sebagai meme ini pertama kali masuk ke NBA pada tahun 2002 hingga pensiun, dia bermain di klub Houston Rockets. Dengan tinggi badan yang ia miliki Yao Ming dinobatkan sebagai pemain NBA tertinggi bersama ketiga temannya yang lain, yakni Gheorghe Muresan, Manute Bol dan Shawn Bradley.

Tercatat dirinya sudah memainkan 468 pertandingan NBA, dari permainan tersebut ia selalu mencetak rata-rata 19 poin, 9,2 rebound, 1,9 block-shot dan 1,6 assist, wajar sih jika dilihat dari tinggi badannya. Dan rekornya terbanyak pada Februari 2004, ia mampu mencetak angka terbanyak sepanjang kariernya di NBA, yaitu 41 poin saat melawan Atlanta Hawks.

Pada 18 Januari 2009, Yao berhasil memasukkan 12 tembakan 2 poin dari 12 kali percobaan. Rekor tersebut mengalahkan perolehan yang dibuat Joe Meriweather pada tahun 1976 ketika dia memasukkan 10 tembakan 2 poin dari 10 kali percobaan. Pada tahun 2001, 2003, dan 2005, Yao memenangkan tiga medali emas dan tiga penghargaan pemain terbaik ketika membela Tiongkok dalam Kejuaraan Asia Federasi Bola Basket Internasional.  Bisa dibilang juga bahwa Yao Ming adalah pemain basket terkenal Tiongkok dengan banyak sponsor.

Karir awalnya di NBA telah diangkat sebagai film dekumenter, The Year of the Yao dan ia ikut menulis buku autobiografi yang berjudul Yao: A Life in Two Worlds bersama analis NBA Ric Bucher.

Latar Belakang Yao Ming

Pemain basket yang sering jadi bahan candaan di dunia maya ini lahir di  Shanghai, Tiongkok, 12 September 1980. Ia merupakan anak tunggal dari pasangan Yao Zhi Yuan (ayah) dan Fang Feng Di (ibu). Di tahun 2007, Yao memutuskan untuk menikah dengan seorang gadis yang bernama Ye Li. Ia dan istrinya tersebut ternyata pertama kali bertemu pada saat usianya 17 tahun.

Memang cinta butuh proses, awal mulanya Y tidak mencintai Yao, akan tetapi akhirnya Ye menyukainya setelah ia memberikannya pin-pin tim yang ia kumpulkan saat Olimpiade Musim Panas 2000. Pada Mei 2010, pasangan tersebut memiliki seorang anak yang dinamakan Amy. Di luar prestasinya dalam dunia basket, Yao Ming dikenal sebagai seorang memiliki empati dan simpati yang sangat besar. Salah satunya ditunjukkan ketika dia menyumbang sebesar 2 juta dolar AS kepada korban gempa bumi Sichuan serta membentuk sebuah yayasan untuk membangun sekolah di wilayah terssebut.

Perjalanan Karir

Berawal dari tahun 1997, dirinya bergabung bersama dengan Shanghai Sharks. Kemudian ia bermain bersama Houston Rockects pada 2002 dan berlaga di ajang NBA. Selain NBA, Yao juga berpartisipasi dalam kejuaraan FIBA Asia ketika membela tim nasional Cina.

Dalam kejuaraan FIBA Asia tersebut, Yao memenangkan tiga medali emas dan tiga penghargaan pemain terbaik pada 2001, 2003 dan 2005. Setelah melewati 8 musim berkarir sebagai pembasket, namun pada 20 Juli 2011, Yao mengumumkan pengunduran dirinya dari dunia basket karena cedera kaki yang berkepanjangan. Kini Yao merubah haluan menjadi seorang pembisnis minuman anggur yang diberi label namanya sendiri dan ia juga melanjutkan pendidikan di sebuah universitas di Shanghai selain mengurus klub basket yang dimilikinya, Shanghai Sharks.

Penghargaan Yang Ia Miliki

  1. Delapan kali tampil NBA All-Star: 2003-2011
  2. NBA All-Rookie First Team: 2003
  3. NBA Rookie All-Star Game: 2004
  4. Gold medal winner bersama Team China pada 2001, 2003, dan 2005 di FIBA Asian Championship
  5. Menjadi MVP pada 2001, 2003, dan 2005 di FIBA Asian Championship
  6. All-Tournament Team, FIBA World Championship: 2002
  7. Chinese Basketball Association Champion: 2001–2002
  8. Rebounding leader di CBA pada 2001–2002
  9. 2003: Sporting News Rookie of the Year
  10. 2003: Laureus Newcomer of the Year

Dijadikan Meme Favorit di Dunia Maya

Mungkin jika kalian pengguna media sosial, pasti tau dan bahkan sering melihat meme yang satu ini. Sering liat, tapi nggak tau dia siapakan, nah lho sekarang sudah baca artikel ini kalian sudah taukan kalau wajah fenomenal ini adalah mantan pemain NBA yang memiliki tinggi badan 2 meter setengah, wuiiih tinggi amat yakk.

Ekspresinya ini diambil pada saat ia melakukan press-conference yang diadakan Yao Ming setelah bermain di bulan Mei 2009. Ketika itu, Yao Ming sedang diwawancarai bersama dengan Ron Artest. Ron yang mengucapkan sesuatu yang lucu, direspon Yao Ming dengan tertawa.  Dan dari situlah wajah Ming kian populer di media.

Ternyata yang sering kita lihat memenya ini adalah pembasket NBA, duh kesian banget ya wajahnya dijadikan bahan candaan. Tapi kalau masih yang positif si nggak masalah ya guys!

Posted by Poco Asiang

No Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *