Punya Banyak Prestasi, Russell Westbrook Menjadi Pemain Terbaik Musim Ini

609 Views

Beberapa bulan yang lalu, telah dilaksanakan sebuah ajang bergengsi yang bernama NBA Awards 2017. NBA Awards 2017 ini merupakan sebuah pertunjukan penghargaan tahunan pertama, yang diselenggarakan pada tanggal 26 Juni 2017 di Basketball City, di Pier 36 di New York City, New York oleh National Basketball Association (NBA). Saat itu, musisi Rapper Drake berperan sebagai host acaranya.

Anda yang mungkin salah satu penggemar fanatik dari permainan bola basket ini mungkin saja sudah tahu tentang informasi mengenai pelaksanaan acara ini, bukan?

Seperti yang mungkin sudah anda ketahui ataupun dengar, pada ajang tersebut ada beberapa kategori penghargaan yang telah diberikan kepada sejumlah nama pemain dan pelatih terbaik untuk musim 2016 / 2017 ini. Kategori apa-apa saja kah yang diberikan tersebut? Dan siapa-siapa sajakah mereka yang berhasil menerimanya?

Beberapa nama pemain besar pun muncul sebagai finalis dalam beberapa kategori, misalnya : Kevin Durant (Golden State Warriors), Chris Paul (Los Angeles Clippers), Kawhi Leonard (San Antonio Spurs), Klay Thomson (Golden State Warriors), Russell Westbrook (Oklahoma City Thunder), James Harden (Houston Rocket), Stephen Curry (Golden State Warriors).

Para pemain-pemain yang disebutkan di atas tadi merupakan beberapa nama pe-basket yang masuk kedalam kategori “Top Ten” Pemain NBA Season 2016-2017. Untuk bisa masuk ke dalam deretan top 10 dunia ini, tentu saja bukan hal yang mudah atau sembarangan. Tidak semua pemain basket bisa mendapatkan posisi terbaik ini.

Dibutuhkan kemampuan, pengalaman bermain, prestasi dan sebagainya. Semua hal tersebut harus lebih atau di atas rata-rata, jika mereka memang ingin mendapatkan gelar ini. Setelah melalui beberapa penilaian serta persyaratan khusus dan ketat pastinya, barulah mereka bisa dikatakan lulus kualifikasi.

Nah, yang menjadi pertanyaan untuk anda adalah, dari nama-nama pemain terbaik di atas, Adakah pemain yang paling anda favorit kan? Kalau ada, siapakah dia? Jawaban anda pastinya akan sangat beragam. Beberapa dari anda mungkin akan mengelu-elukan Russel Westbrook atau mungkin juga Kevin Durant. Kedua nama ini pastinya sudah tidak akan terdengar asing lagi untuk anda.

Kategori Dalam Ajang NBA Award 2017

Tidak hanya ada kategori pemain terbaik, ajang ini juga memiliki beberapa kategori penghargaan lainnya, seperti : Most Valuable Player (MVP), Most Improved Player, Sixth Man of the Year, wyman–Stokes Teammate of the Year Award, NBA Rookie of the Year, NBA Defensive Player of the Year Award, Coach of the Year dan NBA Hustle Award.

Para pemenang untuk masing-masing kategori di atas ditentukan dari hasil penilaian dan keputusan panitia penyelenggara penghargaan. Semua kategori memang baik, akan tetapi penghargaan yang paling prestisius untuk ajang ini tentu saja adalah kategori Most Valuable Player. Sebelumnya, telah diumumkan ketiga nominasi untuk kategori ini, yaitu Russell Westbrook, Kawhi Leonards dan James Harden. Dari ketiga pemain ini, penghargaan berhasil didapatkan oleh Russel Westbrook.

Pemenang Berdasarkan Voting Penggemar

Selain MVP, ada beberapa penghargaan lainnya yang juga akan diberikan kepada pemain yang sianggap berprestasi. Namun kali ini kemenanangan tersebut berdasarkan pada pilihan para penonton atau penggemar di media sosial. Adapun kategori untuk versi penggemar tersebut adalah seperti Best Style, Best Dunk dan Best Block.

Penentuan kemenangan dengan cara ini dikenal dengan sebutan Fan Awards, yaitu kategori yang dipilih oleh penggemar, dimana pemungutan suara dilakukan secara online di situs resmi liga dan menggunakan hashtag media sosial.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat para finalis dan pemenang untuk masing-masing kategori di atas pada tabel di bawah ini. Khusus untuk pemenangnya, anda bisa melihatnya dari tulisan nama pemain yang dituliskan dengan tinta yang lebih tebal.

Lagi dan sekali lagi, nama Westbrook kembali terlihat diantara pemenang kategori. Point guard Oklahoma City Thunder ini terpilih sebagai pemain terbaik secara keseluruhan untuk musim 2016 / 2017. Penghargaan untuk kategori tersebut merupakan sebuah kehormatan yang pertama kali Russell Westbrook dapatkan.

Westbrook memang sangat populer dengan torehan triple-double yang menjadi pemecah rekornya. Dengan kemampuan yang dimilikinya tersebut, maka Ia pun menjadi pemain kedua dalam sejarah NBA yang mampu mencetak triple-double hampir di setiap pertandingan yang ia ikuti. Bahkan dia juga pernah memecahkan rekor Oscar Robertson, dengan mencatat 42 triple-double dalam satu musim. Wow, keren kan?

Berdasarkan data ESPN, Westbrook telah mencatat rata-rata 31,6 poin, 10,7 rebounds dan 10,4 assists di setiap pertandingan dan telah menjadi “nyawa” untuk tim Thunder, meskipun ia belum berhasil membawa timnya untuk melangkah jauh di kompetisi yang dilaksanakan musim ini. Memang sangat disayangkan Oklahoma City Thunder hanya bisa sampai di babak pertama play-off saja.

Jika di flashback kembali, Russel Westbrook memiliki beberapa prestasi yang membuatnya pantas menjadi pemain terbaik musim ini. Apa sajakah prestasi tersebut? Mari kita lihat jawabannya:

Sebagai pemain yang masuk daftar top 10 dan pemain terbaik, Westbrook telah terpilih sebanyak 6× NBA All-Star (2011–2013, 2015–2017), 2× NBA All-Star Game MVP (2015, 2016), NBA MVP (2017). Bukan hanya itu saja, ia juga pernah meraih medali emas pada tahun 2010 di pertandingan FIBA World Championship dan pada Olimpiade 2012.

Ia merupakan pemain andalan tim OKC (Oklahoma City Thunder). Berkat prestasinya tersebut, tidak heran jika beberapa mengatakan bahwa pendapatan Westbrook mencapai sekitar kurang lebih 26.5 JUTA USD.

Best Slam Dunk 2017

Kalau berbicara tentang pemain basket NBA yang terbaik dalam melakukan slam dunk, maka jawabannya adalah Vince Carter.  Anda masih ingatkan dengan pemain basket berbakat yang satu ini? Kalaupun anda tidak lagi melihatnya bermain, akan tetapi namanya masih tetap dikenal oleh masyarakat dunia, khususnya di kalangan pecinta olahraga basket.

Tidak bisa dipungkiri memang bahwa Slam Dunk yang dilakukan oleh Carter di setiap permainan selalu berhasil membuat para penonton berteriak histeris sanking terkagum-kagumnya. Inilah yang membuatnya masih tetap dikenal hingga sekarang. Untuk mengingatkan anda pada kemampuan Dunk yang dimilikinya, di bawah ini tersedia sebuah video untuk aksinya yang menakjubkan tersebut:

‘Beda generasi, maka beda pula heronya’. Kini, waktunya untuk para pemain-pemain muda yang  menggerbangkan sayapnya. Penghargaan sebagai pemain yang melakukan Dunk terbaik untuk musim ini jatuh kepada Victor Oladipo (Oklahoma City Thunder). 

Pria kelahiran 4 Mei 1992 ini melakukan debutnya untuk Thunder di pembuka musim yang berlangsung pada 26 Oktober 2017, dengan berhasil mencetak 10 poin dalam waktu 26 menit, sebagai starter dalam kemenangan 103 – 97 atas Philadelphia 76ers. Pada tanggal 31 Oktober, dia telah menandatangani perpanjangan kontrak empat tahun senilai $ 84 juta dengan Thunder.

Pada tanggal 16 November, ia mencatat skor musim tertinggi dengan 29 poin dan 10 rebound dalam kemenangan 105 – 103 atas Houston Rockets. Ia sempat mengalami sebuah cedera pada bagian pergelangan tangan, tepatnya pada pertengahan bulan Desember, yang akhirnya memaksa Oladipo absen pada sembilan pertandingan berturut-turut.

Dia pun kembali beraksi pada tanggal 31 Desember dan berhasil mencetak 15 poin di pertandingan melawan Los Angeles Clippers. Pada tanggal 5 Februari 2017, dia juga berhasil mencatat 24 poin, 13 rebound, 3 assist, 2 Steals dan melakukan 2 tembakan terhalang dalam kemenangan 105 – 99 atas Portland Trail Blazers.

Pada tanggal 7 Maret 2017, Oladipo kembali ke starting lineup setelah absen dalam enam pertandingan dengan hasil spasme dan mencetak 16 poin pada 126-121 untuk kekalahan Portland. Dengan seluruh prestasinya tersebut, menurut anda pantas kah Victor Oladipo menerima penghargaan ini? Pantas sekali, bukan?

Itulah tadi sedikit penjelasan atau informasi tentang pemenang NBA Award 2017, untuk kategori Best Player dan Best Dunk. Meskipun mungkin pemain andalan anda tidak masuk ke dalam salah satu kategori tersebut, anda tidak perlu berkecil hati dan berhenti untuk mendukung pemain kesayangan anda. Mana tahu di Musim berikutnya, pemain favorit anda tersebut bisa menggeser posisi pemenang kategori di atas.

Posted by Poco Asiang

No Comment

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *